Negara terpanas didunia

1. Libya

Gurun Libya

Akhirnya, inilah negara terpanas di dunia, Libya. Suhu negara yang seluruhnya menjadi bagian Gurun Sahara ini memang begitu ekstrem. Suhu udara di negara yang pernah di perintah Muammar Qaddafi ini dapat menyebabkan lepuh dan penyakit pada kulit. Libya memiliki suhu tinggi hingga mencapai 57,8°C! Bayangkan betapa panasnya suhu udara seperti itu. Pantaslah jika Libya dinobatkan menjadi negara terpanas di dunia.

2. Arab Saudi

Gurun Arab Saudi

Luasnya hamparan padang pasir di seluruh wilayah negara jazirah ini tak pelak membuatnya memiliki suhu yang tinggi, yaitu berkisar antara 51-54°C. Untuk itu pemerintah kerajaan Arab Saudi memberikan banyak fasilitas bagi warganya untuk mengatasi suhu ektrem. Cuaca panas di Arab Saudi berlangsung antara bulan Mei-Oktober.

3. Iraq

Gurun Iraq

Selain perang, Iraq juga menghadapi masalah lain selama berabad-abad, yaitu panas. Negara Timur Tengah ini memiliki suhu yang sangat tinggi saat musim panas, yaitu sekitar 54°C. Pantas saja jika Iraq menjadi salah satu negara terpanas di dunia.


4. Aljazair
Gurun Aljazair

Sebagai negara yang terletak di Afrika Utara, tidaklah mengherankan apabila Aljazair juga termasuk ke dalam daftar negara terpanas di dunia. Ada beberapa pegunungan di Aljazair yang tertutup salju, tetapi kebanyakan tempat berupa padang pasir yang panas dan kering. Suhu terpanas di Aljazair berkisar antara 50-54°C.

5.  Iran

Gurun Iran

Iran adalah negara dengan kontras suhu yang tinggi. Pada musim dingin, suhu di Negeri Mullah ini bisa sangat dinging, sebaliknya pada musim panas, suhu bisa naik sangat tinggi. Wilayah utara Iran yang diapit pegunungan memiliki suhu yang sejuk, sedangkan wilayah selatan yang berdekatan dengan Teluk Persia bersuhu tinggi hingga mencapai 53,7°C.

6. Oman

Gurun Oman

Oman adalah negara arab yang terletak di Teluk Persia. Selain kaya, Oman juga termasuk ke dalam negara terpanas di dunia. Suhu yang mencapai 53°C tentunya bukanlah suhu yang bersahabat. Beruntungnya Oman adalah negara yang kaya sehingga pemerintah memberikan banyak fasilitas kepada warganya untuk menghadapai suhu ektrem ini. Hampir semua tempat dan kendaraan di Oman ber-AC, sehingga suhu yang panas tersebut bukanlah halangan berarti  bagi warga Oman.

7. Sudan

Gurun Sudan

Jika kamu sering menonton film tentang Afrika yang berupa gurun kering atau padang rumput luas, tidak jauh berbeda juga keadaan negara yang satu ini. Sudan adalah salah satu negara terpanas di dunia yang terletak di Afrika Utara. Suhu rata-rata Sudan yang mencapai 52°C membuat negara ini sering mengalami kekeringan dan kelaparan. Sudan juga hampir tidak pernah menerima curah hujan sama sekali. Wow!

8. India
Gurun India

India adalah negara dengan suhu rata-rata terpanas di Asia Selatan. Meskipun wilayah utara India berupa pegunungan bersalju, hal ini tidak menghentikan terpaan angin dari dari Samudra Hindia yang panas dan meningkatkan suhu di subbenua India. Pada musim panas, suhu rata-rata di India adalah 50°C. Cukup menyengat bagi orang Indonesia yang biasa tinggal di negara bersuhu hangat.

9. Somalia

Gurun Somalia

Terletak di ujung Tanduk Afrika, kecuali di selatan hampir seluruh wilayah Somalia berupa gurun pasir tandus di pesisir laut. Curah hujan juga sangat sedikit, bahkan sering tidak mendapat hujan sepanjang tahun. Hal inilah yang menyebabkan suhu udara di Somalia naik sampai sekitar 50°C .

10. Meksiko

Gurun Meksiko

Keadaan alam Meksiko yang berupa daerah tandus dan gurun berupa gurun dan stepa membuat negara beribukota di Mexico City ini memiliki suhu rata-rata yang sangat tinggi. Suhu udara bisa melonjak hingga 50°C pada musim panas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara yang memiliki bendungan terbesar didunia part 2

Negara terkotor didunia